Creative Online Community

Online community bukanlah social network. Kalau social network misalnya Facebook, MySpace, LinkedIn. Kalau online community misalnya Flickr. 

Intinya, mereka yang bergabung ke social network adalah orang-orang yang ingin menguatkan hubungan yang lama atau membangun hubungan baru.

Sedangkan online community, terbentuk karena kesamaan ketertarikan, hobi, ataupun lokasi tinggal.

Misalnya Flickr, disebut online community karena yang terkumpul di situ bukan mereka yang memiliki hubungan nasab, teman, klien, dan lain sebagainya. Akan tetapi, karena kesamaan hobi fotografi.

Ada beberapa online community yang mungkin masih jarang kamu denger, tapi bisa kamu ambil inspirasinya, atau bahkan join langsung.

 

COWBIRD

Picture1

Saya suka banget dengan tagline-nya: the most beautiful world to tell stories. Apalagi, ide storytelling dalam dunia marketing and communication sedang ngehip dan sedang saya perhatikan. Ide brand-brand kecil yang membuatnya menjadi besar bisa dibangun dengan create story yang membangun engagement juga tengah tak resapi. So, tiap-tiap story di web ini bisa membantu kita mendapatkan letupan ide yang baik, dan dengan perspektif yang sangat unik.

 

DIY

Picture2

Online community khusus anak, diajarin kreatif, tidak takut mencoba, mengerjakan proyek-proyek keren dengan anak-anak lain di belahan dunia lain, dan yang paling keren, adalah sejak dini dibiasakan networking dan kolaborasi. Saya masih menganggap pengkreasi website ini jenius. Ilustrasi untuk avatar, landing page, dan pengkategorian, juga bisa menstimulus kreativitas anak-anak. Apalagi edisi challenge-nya. Uh, jenius lah penciptanya. The big idea is that anyone can become anything just by trying–we all learn by doing. With skills each of us can build our world, kata timnya.  Gimana nggak bikin meleleh, coba ….

2 comments

Tinggalkan komentar