OBROLAN PELOPOR KREATIVITAS: Behind the Scene

Waaa. Gue pengen tereak. Terus makan nasi kebuli. Jus mangga. Terus tidur seharian. Sama nonton MV Mr. Taxi. Waaaa! *Ini stress apa napsu*. Ehm.

Sabtu besok bakalan digelar OPOR KREATIF alias OBROLAN PELOPOR KREATIVITAS. Peluang dan hal-hal apa saja yang ada di industri kreatif mutlak kita ketahui sebagai pelaku di industri kreatif ini. So, bagi yang ngaku insan industri kreatif kudu hadir deh. Kalo perlu kamuh nyamar jadi pramusajinya Kopitiam biar bisa masuk. 😆

Acara yang awalnya bakalan digeber pas akhir november ini harus mundur sampai sabtu besok itu. Penyebabnya tak lain tak bukan adalah karena Seohyun ngajakin gue jalan-jalan ke Disneyland. Bukan ding. Tapi karena pematerinya memang pada sibuk semua. Maklum. Kelas tinggi semua pematerinya. Siapa tak mengerti pak Bambang Trim, guru dalam tulis menulis gue, yang respek gue gede banget ke beliau karena udah ngajarin gue banyak hal. Banyakkkkkk bangetttttt. Tokoh perbukuan dan kepenulisan Indonesia. Yang sampai saat ini, kemampuannya belum ada duanya. Huwaaaa. Gue pengen banget ngerampok semua kemampuan ituh. Yang kedua adalah Pak Arief Budiman. Panutan dalam industri kreatif dan sosok yang selama ini memang gue kagumin. Baik secara personality, cara pikir, juga aksi kreatifnya yang sumpe sangat sangat jenius. Mungkin Steve Jobnya Indonesia kali.

So, gimana coba jadinya kalo dua sosok keren yang megakeren itu dijadikan di satu forum, ngasih sharing kreatif bareng sosok-sosok kreatif. Huwaaaaa… Gue pengen ngegampar diri gue sendiri. Iye. Gak usah dibantuin ah. Ehm. Secara personal, ini adalah rekor bagi gue. Karena dua sosok panutan gue berhasil gue satuin dalam satu stage terus bakalan nyuci otak insan kreatif biar pada makin kreatif. Kedua, bagi Solo ini akan jadi suatu hal keren, karena rencananya memang bakalan digelar rutin. Amin. Semoga.

Persiapannya baru senin kemarin. Dan tebak berapa jumlah panitia untuk acara segede ini? Empat orang! Gue, mas Emji, dan kawan-kawan dari Studio Desain Kacamata yang berpenghuni Alib dan Nunu. Bagi-bagi tugaslah kita. Mas Emji ngehubungin tempat dan pak Bambang. Gue ngubungin pak Arief. Alib bikin disain pamflet, backdrop, dan spanduk, nunu proyektor. Itu awalnya begitu jobnya. Terus, tiba-tiba keadaan berubah sedjak negara api mulai menyerang. Mas Emji sibuknya minta amplop. Alhamdulillahnya, tempat sudah dibooking. Pak Bambangnya belum dikasih TOR. Glek. Rabu pagi, jadilah gue ngebut bikin TOR, langsung deh gue brief ke kedua pembicara, karena pak Arief memang baru gue hubungin hari Selasa (haduh, maaf pak ya). Tapi subhanallah. Beliau baik banget. Dan gue makin respek berat sama beliau. Hiks. Masalah kedua datang, karena Studio Desain Kacamata overload kerjaaan. Mereka harus lembur-lembur dan gak sempat bikin disain untuk acara. Waaaaa. Padahal gue juga lagi overload ngebikin pesenan naskah buku. Waaaaaa. Akhirnya gue ambil job itu. Bismillah. Dan jadilah gue yang ngebikinnya di lembur sampe jam dua malam. Dan di kantor gue sukses ngantuk berat. Huwaaaaaa. Inilah jadinya. Ngelembur dari jam delapan sampe jam dua pagi.

Ini disain pamfletnya.

Ini disain backdropnya.

Ini disain spanduknya.

Ini disain bonus bagi yang pengen masang di profil picture facebooknya.

Akhirnya, semalam gladi resik di Kopitiam Oey juga. Sekalian ngefiksin tempat sama mbak Dewi yang ngurusin tempat di Kopitiam Oey ituh. Terus ada armada panitia tambahan. Danar dan Mujix. Danar yang sibuk berat sama deadline layout kita jatah jadi resepsionis tamu. So, ketika kamu nanti datang dan ngelihat panitia ngabsenin kamuh di depan, doi namanya danar. Mujix nanti bagian fotografer acara. Doi yang jago bikin komik ini juga bakalan ngasih something special buat pemateri. Dan gue masih sibuk ngedata peserta yang masyaAllah jumlahnya buanyak banget. Nanti tetep gue seleksi. Karena gak pengen acara ini dimonopoli oleh sebagian profesi saja.

Kok bisa begitu?

Niatnya, ini adalah acara sharing untuk multiprofesi kreatif. Ada penulis, disainer grafis, penerjemah, copywriter, sound engineering, ilustator, fotografer, komikus, animator, dan lain sebagainya yang sebangsa dengan itu lah. Nah, khan gak lucu kalo ternyata yang datang malah disainer grafis semuanya. Penulis, penerjemah, ilustrator, malah gak dapet kuota.

So, nanti ditunggu saja SMS balik dari saya untuk kepastian kamuh bisa masuk apa enggak di acara ini. So sorry. Ini terpaksa dilakukan mengingat tempatnya yang sangat terbatas. Lain kali, kita adakan di Lapangan Manahan saja deh, biar bisa nonton SNSD konser di situ.

Oiya. Nanti pas acara berlangsung materinya akan dikultwitkan lewat akun @oporKREATIF dengan #gathering. Akun gue @fachmycasofa bakalan ngelakuin hal yang sama. Jadi, nanti yang gak bisa masuk di acara, tetep bisa menyimak materi. Dan nanti juga bakalan gue rekap materinya, karena rencananya bakalan kita bikinin website khusus juga kok. So, tenang saja yah. Gak bisa ikut acara berarti gak usah langsung mau nonton MV Gee begitu ngegampar diri sendiri begitu yah.

So. Secara garis besar. Gue pengen tereaaakkkkkkkk. Deg-degan berat dengan perhelatan yang akbar begini tapi panitianya cuman segelintir. Semoga semua berjalan dengan lancar ya. Mohon dukungan dari kawan-kawan semua. Dan semoga bisa dijalanin rutin. Berharap, insan-insan kreatif ini bisa bertemu di satu tempat, kemudian saling berkolaborasi menciptakan sesuatu yang keren. Gue yakin, walau awalnya yang ngurusin cuman enam orang begini (itupun abege labil semua dan penggemar berat seohyun) tapi nanti setelah acara berlangsung akan banyak asupan orang-orang kreatif yang mau untuk ikut serta ngebesarin acara ini ke depannya.

Amin.

Panitia akan sangat berterima kasih bila kawan-kawan ikut membantu menyebarkan informasi acara ini ke kawan-kawannya. Okay. 😉 Luv u all.

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s