What Makes Me Start and Keep Blogging?

Saya ditanya terus. Wah, ngeblognya Fachmy kok semaunya sendiri yah. Kadang begini, kadang begitu, kadang beginu, kadang begini campur begitu dicampur lagi sama beginu. 😆 Sebenarnya, apa sih yang melatarbelakangi fachmy untuk ngeblog? Tanya kawan-kawan.

Ada lima jawaban yang pasti.

Pertama: Saya suka nulis.

Nah, di blog inilah, saya memposting tulisan-tulisan yang tidak bisa saya tuangkan dalam bentuk buku. Karena terlalu sableng, stress, dan semaunya sendiri. Sisi lain dari saya. Yah, saya penuh dengan ketidaksempurnaan. Adik saya sering ngedumel ke saya begini: “Duh, duh, duh, seorang penulis yang fans-nya bejibun begini, kok kalo di rumah yang sering banget gangguin adiknya, sering ngerjain ponakan-ponakannya, maen bola depan rumah sama tetangga, sering bikin kerusuhan, dan lain sebagainya.” Yah, saya sering melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang publik figur yang harus jaim alias jaga image. 😀 Yang paling aneh, tentu saja saya sering mandi di depan sumur. Menimba air, kemudian langsung mengguyurkannya ke badan. Rasanya lebih fresh dan bikin saya makin kreatif. 😆 Daripada mandi di kulah, gak ada seninya blas. 😀 Tapi itu kalo di rumah kok. Kalo di kost ya gak mungkin begituh. Saya paling tidak suka ketika seseorang bertingkah ‘seolah-olah’ pada dirinya sendiri. Tidak jujur. Tidak apa adanya. Kita ini makhluk penuh ketidaksempurnaan. Sudah terlalu lama kita pake topeng biar orang merasa respek dan menghargai kita, padahal di dalam diri kita remuk karena sudah bosan berpura-pura. Oalah. Repot sekali jadi manusia. Saya tidak memilih jalan itu. Biarlah saya yang apa adanya ini berjalan. Aku ingin engkau menghargaiku justru dengan seadaapanya diriku ini, bukan karena ada sesuatu yang istimewa pada diriku, kemudian suatu hari lain engkau kecewa luar biasa karena ada hal lain yang ternyata tidak sesuai dengan harapanmu. OMG! That’s insane!

So, jadilah saya memposting sesuka-suka dan seria-rianya saya. Kalo pas seneng, ya seneng. Kalo sedih, ya sedih. Biasa ajah. Seru-seruan ajah. Ngeblog ajah kok pake mikir berulang-ulang kayak mau mikir urusan negara sajah.

Menulis di blog, berarti mengeluarkan uneg-uneg dan lain sebagainya yang menggumpal di otak saya yang gak mungkin dicurahkan di media lain. Bebas ngasih postingan apa saja. Tidak seperti bikin buku, yang harus setema dan hati-hati. Menulis di blog justru membebaskan diri, dan penuh dengan sensasi. Saya tidak pernah ambil pusing ini blog mau dikomen apa tidak. Ini blog mau divisit apa tidak. Yang penting ini media saya. Ini rumah kedua saya. Yang saya jadikan ajang seru-seruan bagi diri saya. Lha, toh akhirnya, dari blog ini malah muncul bermacam-macam hal-hal seru. Teman-teman baru. Proyek-proyek baru. Dan hal-hal seru yang sangat seru lainnya yang tidak mungkin disebutkan lima perlima 😆

Kedua: Blog adalah rumah kedua saya.

Itulah mengapa, gak bakalan ada adsense atau iklan yang bikin riweuh di blog ini. Sumpah mumet gue kalo ngeliat blog yang cuman nyari pengunjung, terus banyak adsense bertebaran sana-sini. Gilak. Ini mau ngapain sih yang bikin blog. Macam rumah, seolah-olah kita maksa seluruh sales produk-produk aneh menuhin ruang tamu, ruang tidur, hingga sumur. Lhah, kagak enak banget khan. Asli, mupeng abis gue kalo ngeliat blog model begituan. Sialnya lagi, kalo mosting artikelnya copas dari blog lain (jiah!).

saya benar-benar memperlakukan blog ini sebagai rumah kedua saya. Saya perhatikan theme-nya biar seger dan enak dilihat. Yang simpel, rapih, tapi tetep keren. Pokoknya yang mempresentasikan gue banget lah. Makanya ada foto gue yang cakep macam Keanu Reeves ituh. Diam kalian semua. Jangan diketawain.

Ketiga: Saya suka berbagi.

Yah, coba ajah tanya temen-temen sekantor. Siapa yang tak pernah saya traktir? Halah… 😀 Tapi, dari blog inilah, saya ingin melakukan sesuatu yang berarti bagi orang lain walaupun kecil. Kalian wahai kawan-kawan yang membaca blog ini, saya berharap bisa mengambil satu-dua- tiga-empat-lima pelajaran berharga dari setiap postingan yang cupu dari saya ituh. Jadi, tetap semangat baca postingan sayah yah! (ihapasih)

Keempat: Melatih konsistensi diri.

Hehehe. Agak aneh memang. Tapi saya melatih kekonsistensian saya dalam menulis lewat blog ini. Belajar mencurahkan. Belajar merangkai kata. Belajar untuk menjadikan sesuatu hal yang ada di pikiran bisa dituangkan, kemudian dinikmati orang banyak. Saya sangat senang sekali ketika ada makian, cacian, pujian, dan lain sebagainya tentang tulisan tidak bermutu saya. Karena itu artinya saya keren dan diperhatikan. hahahhaha

Kelima: Saya dengan mudahnya melihat apa yang sudah saya kerjakan.

Yap, apa saja yang sudah saya kerjakan dalam hidup saya bisa lihat di sini. Walau sebagiannya, ada beberapa yang tidak saya posting dan saya simpan sendiri karena terlalu pribadi. Tapi, dengan melirik hal-hal yang sudah saya lakukan di blog ini, jadi lebih mudah dan gampang untuk saya nikmati atas kepolahan saya sendiri. Hihihi.

So, what makes me start and keep blogging? Kelima jawaban itu, bisa mewakili. Sekarang sedang mempersiapkan buku baru yang mau terbit. Doakan lancar jaya yah. Ah, hidup itu indah, kalau kita melakukan hal-hal yang kita sukai dan cintai. Passionate banget gitu lah. Oiya, sebentar lagi saya akan menulis buku lucu. Doakan yah. Uh, banyak banget yang harus dikerjakan. Sampe gak sempat nyuci bajuh yang udah bertumpuk-tumpuk ituh. Kalo mau bantu sayah, nanti tak doain saya dapet istri cantik, solehah, en kaya deh! Gue janjih!

8 comments

    1. salam kenal AR, semoga makin shalihah sajah (ngerayu dot com :D)

      biar nulisnya makin fokus yah? Mmm… mungkin bisa pake mikroskop atau kaca pembesar atau luv. Semoga itu bisa membantuh yah AR. 😉

      *kaburrrr

    1. Ngeblog memang butuh ketampanan wajah brader. Dan sepertinya ente tidak memenuhi kriteria itu. Jadi berhentilah ngeblog. Matun wae ning sawah. Wis, genah sip, asoy, dan geboi!

      yang penting ngeblog santai ajah. gak usah serius-serius. emangnya mo bikin skripsi. yang seru-seru ajah. banyak orang pengen melihat hal-hal seru, bukan yang serius dab. okeah!

  1. I like nge-blog too,
    saya mulai aktie ngeblog sejak awal 2010, awalnya cuma iseng nulis dan coret2. Eh ternyata ngeblog itu emang asyik.
    Kita bisa ngereview ulang apa yg sudah pernah kita lewatin di masa lalu. Ah, blog memang ajib…
    *sambil niru gayanya om fauzi badillah*

Tinggalkan Balasan

