Ditemani Film Saat Menulis

Setiap orang mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda. Tergantung apa yang membuat mereka tertarik. Iya khan? Nah, biasanya, saya kalo lagi nulis, justru sambil nonton film. Heuheuheu. Aneh yah? Gak tau napa, itu lebih asik daripada bengong ataupun sambil masak (ya iyalah!).

Dan mengapa saya suka nonton film saat menulis? Karena seperti ditemani oleh seseorang di dalam film itu, dan kalimat-kalimat yang tersaji dalam film, justru seringkali menjadi pemantik dan penginspirasi. Silahkan saja dicoba sendiri. Ada kalimat-kalimat baru, ada adegan-adegan yang justru memperkaya ruang imajinasi kita. Di tips menulis kita kali ini, saya sarankan, saat menulis, putarlah juga sebuah film. Apalagi kalo menulis fiksi, pastilah sangat berguna cara ini. Okay… 😉

Nah, ini ada beberapa film yang akhir-akhir ini saya tonton sambil nulis.

Judul: 9 | Rate: 4
Ceritanya sangat orisinil. Unik. Animasinya asik. Lha produsernya ajah Tim Burton. Yang buwat Sleepy Hollow sama Alice in Wonderland itu. Tentang persaudaraan, peduli pada kawan, dan berani mengubah keadaan. Sekecil apapun peluang, harus tetap kita upayakan untuk terciptanya kebaikan bagi semua! Keren!

Judul: Afro Samurai: Resurrection | Rate: 3.5
Pernah nonton Ninja Assasins-nya Rain itu? Film ini hampir-hampir mirip. Mutilasi di mana-mana! Bedanya, ini animasi. Sebrutal-buratlanya film animasi, tetap tidak begitu mengerikan. Tapi saya sangat salut dengan tata gambar di sini. Sangat-sangat aneh, kelam, eksotik, dan begitu dark. Apalagi, ini pertama kalinya film Afro Samurai saya tonton. Dan di sini juga diceritakan bagaimana dia menjadi seorang samurai handal. Dan di sini pula, ia harus melawan ayahnya sendiri, dan juga sahabat-sahabatnya waktu kecil. Benar-benar dilema luar biasa.

Judul: Art & Copy | Rate: 5
Perfect! Ini film yang dicari-cari insan kreatif. Yang biasa bergaul dengan disain, dan pekerjaan copywiriting macam saya nie. Heuheuheu. Ada sejarah I Love NY yang melegenda itu, Nike dengan Just Do It!-nya juga. Dan bermacam-macam sejarah advertising yang mengguncang, beserta wawancara dengan para pencetusnya! Pada akhirnya, kreatifitas memang dapat membuat dunia lebih berwarna dan indah.

Judul: Furry Vengeance | Rate: 4.5
Brendan Fraser gitu loh! Aktor kaporit sejak kecil nih. Heuheuheu. Lucu, aneh, dan nggemesin sih orangnya. Film ini, dialognya sangat lucu dan menyenangkan. Ekspresi para pemainnya pun luar biasa. Dan yang penting, tentang pentingnya menjaga lingkungan. Kita aja gak pengen diganggu kok, masak kita nebang hutang sembarangan untuk dibangun real estate. Itu khan menggangu para binatang di sana. Nah, aksi seru para binatang untuk balas dendam inilah yang sangat keren dan kreatif. Seru deh!

Judul: Pay It Forward | Rate: 5!
Menyaksikan film ini, saya begitu tercengang. Benar-benar luar biasa ceritanya. Sederhana saja sih konsepnya. Saya melakukan satu kebaikan bagi Anda. Tapi Anda tak usah membalas kebaikan itu bagi saya, tapi balaslah itu dengan cara berbuat kebaikan bagi tiga orang lainnya. Dan katakan hal tersebut juga kepada orang yang anda berbuat baik kepada mereka tersebut. Jadi, mirip MLM Kebaikan itulah. Si pencetusnya, cuman anak SMP. Dan efek dari Pay It Forward (nama dari aktivitas kebaikan tersebut) menyebar ke mana-mana, dan banyak orang terkena dampaknya. Hingga suatu hari, seorang wartawan diberi begitu saja sebuah Porsche oleh seorang kaya raya. Wartawan bingung, kemudian diceritakan tentang Pay It Forward itu, dan kemudian melacaknya, hingga bertemulah dengan pencetusnya si anak SMP tersebut. Tapi, akhri film ini sangat tragis, karena pada akhirnya, si anak tersebut terbunuh oleh kawan sekolahnya sendiri. Hah, benar-benar menguras air mata nih film. Kamu harus nonton kawan!

Judul: Planet One | Rate: 3
Biasa aja sih. Tapi karena film animasi, jadi saya tonton. Saya penyuka film animasi. Heheheh.

Judul: Predators| Rate: 2.5
Ribet bener kalo film besutan dari William Rodriguez dengan studio Troublemakers-nya. Filmnya brutal abies.

Judul: Prince of Persia: Sand of Time | Rate: 5!
Eksotis! Filmnya menghibur, dialognya asik, dan aksi-aksi di film ini mendebarkan. Dastan yang lompat mirip Parkour ala prancis itu dari atap satu ke atap lainnya, dan juga kondisi persia, serta peperangan yang seru. Heuheuheu. Keren dah! Baru kali ini saya ngelihat ada film adaptasi dari game tapi serunya minta ampun. Biasanya jelek-jelek lho…

Judul: Quantum Apocalypse | Rate: 2.5
Tata suaranya jelek. Gambarnya juga tak begitu bagus. Ceritanya apalagi. Standar banget. Tentang hari akhir bumi. Membosankan deh ih.

Judul: Identity | Rate: 4
John Cusack gitu loh, karena saya penasaran, kutotonton. Yah, tidak begitu mengecewakan sih. Bisa dilebihserukan lagi sebetulnya, tapi masih kurang greget. Lakonnya terkena split personality dan jadi pembunuh. Ruwet juga sih sebetulnya.

 

Nah, itulah beberapa film yang saya tonton beberapa hari ini saat menemani menulis. Mana film yang menjadi favorit kamu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s