Joga Bonito

Joga bonito. Begitu kampanye dari Nikefootbal. Bahasa portugal, artinya adalah Play Beautiful. Dalam kampanye iklannya pun keren sekali. Melibatkan pemain-pemain sepakbola yang menjadi endorse dari Nike. Ada Wayne Rooney, Zlatan Ibrahimovic, Tiery Henry, Cristiano Ronaldo, Robinho, Ronaldinho, dan sederet bintang-bintang lapangan sepakbola lainnya.

Joga bonito. Misinya adalah mengembalikan ruh permainan sepakbola. Ruh yang mengajarkan bermain fair play (tidak seperti sepakbola indonesia yang sukanya gebug-gebugan itu yah).  Ruh untuk bermain bola yang berawal dari kecintaan mereka terhadap permainan ini. Cita-cita para pemainnya untuk bermain di tingkat internasional, untuk menyajikan skill, bukan baku hantam, kekerasan, dan permainan yang tidak elegan. Maka tidak salah, kalau Eric Cantona, yang didaulat sebagai host dari kampanye ini, sering berujar, “Joga bonito. Play beautiful. Play with your heart.”

Yah, makanya, dalam video-video iklannya, yang kamu bisa tonton di youtube. Kamu bakalan menemukan adu skill yang cantik. Permainan penuh keriangan yang seru. Fair play. Para pemain begitu menikmati permainan, penonton pun terpuaskan karena disuguhi skill-skill yang menawan. Benar-benar seperti pesan Eric Cantona, “Play beautiful, play with your heart.’

*****

Saya sempat bete, ketika tahun-tahun lalu, pasar perbukuan kita dibanjiri dengan novel satu tema-satu kaver. Apa itu? Sejak boomingnya Ayat-ayat Cinta-nya Habiburrahman El-Shirazy, penerbit negeri ini seperti kena setrum, untuk juga menggelontorkan produk serupa. Maka lahirlah ribuan (halah, lebay yah?), mungkin ratusan (itu pun masih mungkin, jumlah resminya, saya tidak tahu, maklum yah…), judul dengan kata CINTA, dan kaver selalu muslimah bercadar, dengan mata indah. Sudah. Display toko buku, dipenuhi dengan tema seperti itu.

Satu kata: bete. Jujur. Tak ada satu pun yang saya beli.

Alangkah indahnya, para penulis negeri ini, mengambil perannya masing-masing. Bukan model ikut-ikutan, bukan model nyari momen. Menulislah dari hati. Menulislah dari idealisme yang tinggi. Menulislah dengan cantik. Sajikan tema-tema yang indah nan menggugah. Joga bonito. Play beautiful. Sajikan skill yang asik. Agar pembaca dapat merasai dunia literasi indonesia tidak menjemukan nan membosankan.

Joga bonito. Write with your heart. Write beautiful. Itu memang tantangan. Tapi, seperti pesan Nike yang mengeluarkan kampanye joga bonito itu, “Just do it!”

Terima kasih sudah bersedia membaca uneg-uneg Fachmy yah… 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s