Agar Kalimat Tidak Mampet

Bagaimanakah agar kalimat tidak mampet? Berilah frasa penghubung antarkalimat. Itu jawabannya. Maka, dengan begitu, kalimat yang kau bangun akan lebih mengalir deras. Apa sajakah yang termasuk barisan frasa penghubung antarkalimat itu? Ini dia:


Agaknya, Kecuali itu, Sebelumnya,
Akan tetapi, Kemudian, Sebenarnya,
Akhirnya, Lagi pula, Sehubungan dengan itu,
Artinya, Lalu, Selain itu,
Biarpun begitu, Meskipun begitu, Selanjutnya,
Biarpun demikian, Meskipun demikian, Sementara itu,
Dalam hal ini, Misalnya, Sesudah itu,
Dalam hubungan ini, Oleh karena itu, Sesungguhnya,
Di pihak lain, Oleh sebab itu, Sungguhpun begitu,
Di samping itu, Pada dasarnya, Sungguhpun demikian,
Jadi, Pada prinsipnya, Tambahan lagi,
Jika demikian, Paling tidak, Tambahan pula,
Kalau begitu, Sebagai kesimpulan, Untuk itu,
Kalau tidak salah, Sebaiknya, Walaupun demikian,

Misalnya adalah dengan apa yang terjadi pada kalimat ini.


Saya sudah belajar menulis sejak SD. Kurang optimal karena tidak ada yang membimbing. Yang memotivasi pun tidak ada. Saya jadi malas dan kemudian mengalihkan perhatian pada kesenangan lain, seperti filateli. Makanya saya sekarang tidak bisa menulis dengan baik. Saya…. (mampet)

Jika mau menggunakan frasa penghubungan antarkalimat, pasti kalimatnya akan menjadi lebih hidup. Dan tentu saja, jadi lebih seru.


Saya sudah belajar menulis sejak SD. Namun, saya kurang optimal karena tidak ada yang membimbing, bahkan, yang memotivasi pun tidak ada. Karena itu, saya jadi malas dan kemudian mengalihkan perhatian pada kesenangan lain, seperti filateli. Akibatnya, saya sekarang tidak bisa menulis dengan baik. Jadi, saya ingin belajar kembali lewat pelatihan ini. Mudah-mudahan saya mampu menulis dengan baik.

Nah, berbeda kan hasilnya. Materi ini, saya dapatkan dari buku favorit saya karya pak Bambang Trim: Saya Bermimpi Menulis Buku. Kalo ada waktu, kamu bisa juga ngeburu tuh buku, okay! 😉

4 comments

  1. ….. kalau tidak salah, saya pernah membaca kalimat ini. Walaupun demikian, saya masih mau baca lagi, boleh ya.. ?
    🙂

Tinggalkan Balasan

