6 Kaver Buku Favorit Tahun 2009

Mungkin ini terdengar subyektif yah, tapi it’s okay. Ini hanyalah sebagai bentuk penghargaan saya kepada para book’s cover designer. Saya kadang berpikir, mengapa tidak ada award kepada mereka para pembuat kaver buku. Padahal, banyak hal yang harus mereka kerjakan untuk menghasilkan kaver buku yang sangat menarik, unik, nge-kick ketika di display, dan menggoda calon pembeli untuk mendekati buku tersebut. Jadi, posisinya seorang pembuat kaver buku sangat penting.

Dan inilah, enam kaver buku favorit yang kutahu dan langsung kusukai, di sepanjang tahun 2009 ini. Tidak ada urutan siapa juara satu, siapa juara tujuh, tapi, semua-muanya menjadi juara. Karena keenam kaver buku ini memang sangat keren, unik, menggoda, dan mengagumkan versi saya. Apa saja itu? Oke, langsung saja kita keber bareng-bareng yah, ini dia:

Kenapa saya suka kaver buku ini? Lihatlah, kaver ini begitu bersih, perpaduan warnanya asyik, yang jadi model pun, coba lihat matanya? Sangat tajam dan keren. Sangat pas mengulas tentang isi buku yang mengulas tentang bela diri. kaver depan dan belakang, sangat-sangat keren!!!

Yang di atas ini, lebih keren lagi, kavernya dibuat sendiri oleh penulisnya. Sangat-sangat art kawan!

Model kaver di atas yang dikartunisasikan adalah Pak Bambang Trim. Yup, master dunia perbukuan indonesia itu lhoh…. uniknya, biasanya orang terkenal di full-in tampangnya di kaver, eh, ini malah setengah, udah gitu, di bikin kartun pula… gubraks… unik, keren, asik, dan fresh!

Oke-oke, kaver di atas memang bukuku, dan itu bukan bermaksud narsis ye.. hehehe… tapi, coba lihat betapa rapi kaver ini? sangat keren, moderen, bersih, dan fresh!

Galaksi Kinanthi? OMG! ini kaver sangat2 kreatif sekaligus keren! kaver depan yang panjang, tanpa teknik manipulasi photo pakai photoshop. Ada kinanthi yang melihat bulan, di sampingnya ada xavi, tapi di belakangnya, ada Ajuj yang melihat bulan yang sama, jadi? jadi, tuh bulan, aslinya ada di belakang, dan kaver depannya bolong! edan! sangat-sangat dikonsep!!!!! keren!!!

Sungguh, aku tak bisa berucap apa2 untuk akver di atas, keren! sangat-sangat artistik! sebaiknya kamu melihatnya dari dekat, sayang, aku tak mendapatkan gambarnya besar-besaran secara besar di internet… karena gambarnya sangat keren….. πŸ˜‰

*****
Oke kawan, inilah beberapa kaver yang keren menurutku di tahun 2009 ini, kamu punya kaver favorit sendiri lainnya di versi kamu?

Iklan

32 comments

  1. the last one, is so much cool……..
    ho oh mi, setuju itu diadakan piagam penghargaan desainer cover…
    kiro2 sopo seng bakal dadi jurine…?
    seng ngenekke…?

  2. Hahaha… insyaAllah, nanti secara rutin, aku mengadakan award tiap bulan, kaver yang paling menarik hatiku…. πŸ˜€ hehee…. subyektif sih, tapi, dengan begini, desainer kaver buku akan merasa dihargai… yoi gak lib? πŸ˜‰

  3. itu ka[er yang satu jiwa sejuta karya tidak nyambung antara image n tema. kalo saya prediksi itu yang buat gak pernah belajar grafis. hanya sing penting didelok apik, padahal apik itu relatif. kalo menurut saya kaper itu harus menggambarkan tema buku.

  4. iyah bang banu, apik memang relatif, oleh itulah, sebagaimana yang saya tegaskan di awal kalimah note ini, semua penilaian ini bersifat subyektif sekali, sangat-sangat favorit versi fachmy… πŸ˜‰

    yang mbuat justru lulusan sekolah desain kok bang, bahkan punya studion desain grafis yang sudah melayani banyak pembuatan kaver desain, jadi, sangat-sangat teruji… πŸ˜‰ kenapa saya memasukkannya dalam daftar favorit? pertama, judul buku saya ini sangat panjang, dan dengan sangat apik dan sukses, beliau berhasil menempatkannya secara rapi, tapi juga nge-kick ketika di display. dan untuk melakukan itu sangat sulit. kedua, ini sangat-sangat bersih dan elegan, benar-benar berbeda dengan konsep kaver kebanyakan yang hanya main manipulasi foto sana-sini tanpa konsep. ketiga, analogi sejuta karya diaplikasikan di gambar tangan, yang dari dirinya berkarya berjuta-juta yang diaplikasikan dengan warna-warna yang mencuat. asik, sangat-sangat asik dan artistik sekali. benar-benar terkonsep dengan rapi dan indah.

    coba rasakan bedanya dengan kaver-kaver lain bang banu, kalau bang banu baisa rajin ke toko buku, atau pemerhati dunia perbukuan, atau suka dengan dunia buku, pasti bang banu bisa merasakan aura perbedaannya.

    iya khan? πŸ˜‰ semgoa penjelasan fachmy bisa menjawabnya yah… πŸ˜‰

  5. Terima kasih ya sudah memilih cover buku saya dan kawan-kawan sebagai cover buku yg paling disukai. Semoga juga menyukai isi bukunya ya.. *^^*

    Salam
    Lia

    1. yang galaksi kinanthi, iya mbak, aku ajah sampe terheran-heran e… bener-bener matang ngerjainnya… keren abis… drunken marmut, hehhe, kang pidi, bener-bener gokil, nulis sendiir, kavernya dibuwat sendiri… πŸ˜€ kalo yang terakhir, punya dewi lestari, perahu kertas emang keren kavernya… unik banget… warnanya ajah bikin aku geleng-geleng…. keren bangetttt…. πŸ˜‰

      1. saya tertarik nih dengan buku Drunken Marmut. Dari judulnya aja udah lucu, didukung dengan cover yg lain dari biasanya, kyknya tu buku harus masuk dlm rak nih! hehe..
        matur tengkyu for the info.. πŸ˜€

  6. Salam, terima kasih Mas Fachmy.

    Kebetulannya, bukan kebetulan, tiga dari enam cover itu diekskusi desainnya oleh tim desainer yang sama: kebun angan (Taktis Menyunting, Galaksi Kinanthi, dan Perahu Kertas). Saya sampaikan juga apresiasi kepada mereka. Dua pertama memang konsepnya digodok bersama tim Salamadani. Inilah buah dari love, passion, dan skill untuk sebuah buku. πŸ™‚
    Sekali lagi terima kasih atas apresiasinya.

    1. wah, salute dunk yah buat kebun Angan, bener bener dahsyat, dan bikin dunia perukuan menjadi hebat! πŸ˜†

      begitu seharusnya semua bertindak pak bambang, para pekerja kreatif perbukuan harus mengaplikasikan love, passion, dan skill… πŸ˜†

  7. Halo mas Fahmi, halo semuanya…

    Bulan Desember 2010 kemarin kami mendapatkan penghargaan dari Goodreads Indonesia untuk desan sampul Perahu Kertas ini. Dan meskipun sekarang Kebun Angan sudah tidak beroperasi sebagai studio spesialis publishing design lagi, semua apresiasi positif selama ini sungguh jadi pemicu semangat kami untuk terus memberikan inovasi bagi apapun yang kami tekuni.

    Terima kasih atas apresiasinya.

    Salam

    1. wah, kok sudah tidak beroperasi lagi. padahal saya selalu salut dengan karya Kebun Angan. Paling tidak, bisa memberikan warna di perbukuan Indonesia menjadi lebih keren dan maju. Tapi, apapun keputusan Kebun Angan, semoga semakin sukses ke depannya. Terus berikan yang terbaik untuk negeri! πŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s