10 Cerpenis Amerika Terhebat Sepanjang Masa

Inilah 10 orang cerpenis Amerika terhebat sepanjang masa. Mungkin diantara pembaca memiliki penilaian berbeda. Itu sah-sah saja. Mari kita mulai saja dari urutan 10 (sepuluh).

10. CHUCK PALAHNIUK

chuckpalahniuk460-tm

Chuck Palahniuk adalah pengarang “Fight Club”. Karya tersebut dibuat versi filmnya tahun 1999 (diperankan oleh Edward Norton dan Bradd Pitt) Namun Palahniuk menulis cerita pendek setiap hari. Banyak cerita pendeknya dijadikan novel tanpa pembaca mengetahui awalnya itu cerita independen. Salah satu cerpennya yang terkenal berjudul “Guts”.

9. WASHINGTON IRVING

421px-irving-washington-loc-tm

Washington Irving adalah seorang penulis Amerika, eseis, penulis biografi dan sejarawan dari awal abad ke-19. Dia terkenal dengan cerita pendeknya berjudul “The Legend of Sleepy Hollow” dan “Rip Van Winkle”. Buku Irving yang terkenal adalah The Sketch Book of Geoffrey Crayon. Sebagai seorang sejarawan, ia menulis biografi tokoh terkemuka. Diantaranya biografi George Washington, Oliver Goldsmith dan Nabi Muhammad SAW, dan beberapa buku sejarah tentang Spanyol abad XV dengan subyek penulisan tentang Christopher Columbus, kaum Moors, dan istana Alhambra.

8. ISAAC ASIMOV

asimov-isaac-tm

Asimov tentunya adalah salah satu penulis yang paling produktif dalam bahasa Inggris. Dia dikenal dengan berbagai karya dari seri “Foundation”, dan “Fantastic Voyage”, untuk buku-buku teks dan segala sesuatu di antaranya. Dia terutama dikenal sebagai penulis fiksi ilmiah. Sepanjang hidupnya tidak kurang dari 515 buku yang ia tulis. Sejauh ini cerita pendek yang ia tulis dan terkenal ada 3 buah, yakni “I, Robot”, “The Bicentennial Man”, dan “The Last Question.”

7. RAY BRADBURY

ray-bradbury-tm

Bradbury sangat terkenal sebagai pengarang fiksi ilmiah. Dia terkenal menulis cerpen setiap hari, sebuah kebiasaan yang banyak penulis lainnya berusaha untuk mengikuti kebiasaan itu. Dia telah menulis 11 novel dan lebih dari 40 koleksi cerita pendek. Tapi bukan soal jumlah karyanya itu sehingga dia mendapatkan tempat di daftar ini. Cerita pendeknya yang sangat terkenal berjudul “A Sound of Thunder”.

6. STEPHEN KING

nyet16109272057-widec-tm

Stephen King merupakan salah satu penulis paling populer di Amerika, dan penulis yang sangat produktif. “1408″, “The Mist”, dan “Hearts di Atlantis” adalah hanya beberapa dari 35 cerita pendeknya yang telah dibuat menjadi film, walaupun mungkin yang paling terkenal adalah “Stand By Me”. Total ada 124 cerpen dan 17 novel yang ia tulis sepanjang karirnya. Ia juga dipilih untuk menjadi editor dari The Best American Short Stories tahun 2007, dan juga memenangkan O. Henry Award pada tahun 1996.

5. JD SALINGER

salinger-tm

Salinger dikenal atas novel karyanya “Catcher in the Rye”. Ia contoh seorang penulis yang sangat eksentrik. Dia memiliki 3 buku lainnya tersedia untuk umum. “Nine Stories”, “Frannie and Zoey”, dan “Raise High the Roof Beams, Carpenters and Seymour an Introduction”. Ketiga buku tersebut adalah koleksi cerita pendeknya. Salinger dianggap oleh banyak orang sebagai penulis besar Amerika dari abad ke-20.

4. O. HENRY

fig31-tm

Nama aslinya William Sydney Porter. O. Henry dikenal sebagai penulis flash fiction. Ia terkenal dengan cerita “The Gift of the Magi” yang merupakan cerita tentang anak muda miskin yang masing-masing pasangan mereka menjual obyek paling berharga untuk membeli hadiah Natal untuk pasangan mereka. Untuk mengenang namanya, maka diluncurkan O. Henry Award. Sebuah penghargaan bergengsi yang sangat luar biasa diberikan kepada para penulis cerita pendek terbaik.

3. JOHN UPDIKE

john-updike209_copy41273-tm

Updike sangat berbakat sebagai cerpenis. Ia menerbitkan lebih dari 150 cerita pendek dalam karirnya. Kumpulan cerpen terakhirnya berjudul “Tears of Bapa” telah diterbitkan pada bulan Juni 2009, sekitar 6 bulan setelah kematiannya. Dia juga telah memenangkan lebih dari 30 berbagai penghargaan sepanjang hidupnya, termasuk diantaranya: the Pulitzer, the Rea Award, the PEN / Falkner Award dan O. Henry Award.

2. F. SCOTT FITZGERALD

fscottfitzgerald00sm-tm

F. Scott Fitzgerald adalah seorang penulis novel Amerika dan cerita pendek. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu cerpenis terhebat abad ke-20. Fitzgerald dianggap pula sebagai anggota dari “Lost Generation” dari abad ke-20. Dia menyelesaiakan empat buah novel, termasuk The Great Gatsby. Karya lainnya diterbitkan secara anumerta. Jika Anda ingin rekomendasi untuk dua cerita pendek besar karya Fitzgerald, saya menyarankan membaca “Bernice Bobs Her Hair” dan “The Diamond As Big As The Ritz”. Anda tidak akan kecewa.

1. EDGAR ALLEN POE

poe-tm

Poe mungkin yang paling terkenal di Inggris sebagai cerpenis sepanjang masa. Ia hanya menyelesaikan satu novel dalam hidupnya, dan tidak begitu dikenal, namun berisi cerita pendek. Banyak orang tahu cerita yang ditulis Poe ini, misalnya, “The Tell Tale Heart”, “The Masque of the Red Death,” atau “The Pit and the Pendulum”. Poe telah menulis kurang lebih 65 cerita pendek atas namanya. Sebagai seorang penulis, Poe juga dianggap memiliki gaya penulisan yang kini dikenal dengan genre detektif.

——————————————————–
saya mendapatkan artikel ini dari: http://umum.kompasiana.com/2009/07/31/inilah-10-cerpenis-amerika-terhebat-sepanjang-masa/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s